Wednesday, January 06, 2010

Strawberry Cheese Cake for Dewi "Dee" Lestari


Strawberry Chizkeik ini dibuat untuk Dee.
Udah sebulan yang lalu siy...
ceritanya ini buat kado kelahiran Atisha :)
Tepatnya untuk mommy nya Atisha
supaya energi setelah melahirkan pulih kembali :D :D


Ini comment Dee via email tentang chizkeik ini :

Dear Mbak Ria,

Cheese cake-mu juara, Mbak! Asli, one of the best cheese cakes I’ve ever tasted! Manisnya pas, dan teksturnya itu lho... kayak es krim. Jadi serasa makan es krim rasa keju. Suamiku juga suka banget, anakku juga (Keenan), kalo yang Atisha sih mencicip lewat ASI aja.

Aku tapi ada kesulitan motong kuenya, Mbak. Entah karena kulkasku kurang dingin atau gimana, tapi bagian atasnya sempat meleleh jadi nggak bisa kupotong. Akhirnya kumasukkan freezer dulu untuk beberapa lama, setelah kue-nya mengeras lagi baru kupotong. Tapi motongnya nggak bisa rapi, jadi terpaksa dimakan dengan gaya sedikit barbarian! Hehe.

Aku kepingin banget deh dapet resepnya, Mbak. Ada di blog ga ya?

Top banget deh kue-kue buatan Mbak Ria. Ga sabar nunggu kesempatan mesan. Kayaknya kue Mbak Ria bakalan jadi langganan aku untuk dijadiin kado.

Thank you sekali lagi ya, Mbak.

~ D ~

Thank u Dee..
Memasukkan chizkeik ini ke freezer supaya lebih keras udah bener kok.
Trus kalo mo potongnya supaya lebih rapi,
bisa pake pisau yang dipanaskan dulu..
Pisaunya bisa dicelup ke air panas trus di lap kering atau
pake cara sesat, pisaunya dipanaskan diatas kompor :D

Karna chizkeik ini type yang unbaked, membuatnya super gampang kok.
ini aku sertakan resepnya yaa... biar kalian bisa buat juga.


STRAWBERRY CHEESE CAKE

Bahan Alas :

125 gram cream crackers (merk Roma yg bungkus kuning itu)
1 sdm gula halus (jangan lupa diayak)
80 gr unsalted butter, lelehkan.

Cara membuatnya :

Siapkan loyang spring form (bongkar pasang) ukuran diameter 18 cm.
Letakkan loyang pada cake board yang berukuran lebih besar dari loyang.
Pasangkan plastik mika pada sisi bagian dalam,
ke 2 ujungnya disatukan dengan double tape.

Hancurkan cream crackers dengan food processor
sampai halus
(kalo gak ada pake ulegkan atau pake rolling pin -
tapi biskuitnya tetap dalam bungkus plastik ya).
Campur biskuit, gula halus & butter leleh, aduk rata.
Tuang ke dalam loyang, ratakan dan padatkan dengan sendok.
Masukkan kulkas selama 1 jam.

Bahan Cheese :

375 gram cream cheese
125 gram gula halus (ayak)
250 gram whipcream
3 sdm air jeruk nipis
1 sdm gelatin bubuk
50 cc air

Cara membuatnya :

Tim gelatin & air hingga larut, sisihkan.
Kocok cream cheese dan gula hingga lembut,
tambahkan air jeruk nipis, kocok hingga rata.
Kocok whipcream hingga kaku.
Tuang sebagian whipcream kocok ke dalam adonan creamcheese, aduk rata.
Tuang lagi sisanya, aduk rata.
Masukkan larutan gelatin, aduk hingga rata.
Tuang adonan ke dalam loyang, ratakan lalu
simpan di kulkas semalam.

Bahan garnish :

3 sdm strawberry jam
1 sdm air panas
strawberry segar secukupnya

Penyelesaian :

Campur selai dengan air panas, aduk rata dan biarkan dingin.
Tuang ke atas cheese cake, ratakan lalu
tambahkan strawberry segar.


Note :

semua bahan & alat bisa dilihat disini dan disini.
Gunakan whipcream yang kokoh & tidak mudah lumer.
Plastik mika bisa dibeli di TBK (meteran).
Met nyoba yaaa...


Photobucket




25 comments:

Ayu said...

Gara-gara baca komentar mba dewi lestari di twitter aku jdnya penasaran ma cheese cake buatan mba ria. Aku tanya deh ma mba dewi di twitter alamat website nya hihihi

ria-chocoloveid said...

@ Ayu :

oooh... jadi kamu taunya dari twitter yah...hihihi.
many thanks for Dewi Dee :)

Thanks juga for Ayu yang akhirnya ikut nyobain cheesecake nya :)

Unknown said...

untuk cheese cake ini mba pake whc RICH's atau yang dairy (Anchor) mba?? trims sebelumnya....

rica said...

mba...enak banget kayaknya....berapaan ya kalo mau order ;)

ria-chocoloveid said...

@ Dapur Imut :
pake yg RICH aja Ndah... biar kokoh.

@ Rica :
pricelist nya ada di How to Order yang ada di atas itu.
Klik aja disitu ya.

Thanks.

Dwinta Mm said...

mba ria, makasih sebelumnya udah share resepnya.. hehe aku udh coba nih, tapi rasanya rada asem2 gitu ya? trus kok full bgt dipake di loyang 18cm, atau whipnya terlalu banyak? 250gr itu setelah dikocok atau sebelum dikocok mbak? mkasih :)

TheCAKE said...

mba ria ijin nyoba resepnya yah cuman mau tanya harus pake gelatin yah ? kalo gak pake gak akan kokoh ya ??

~Jessica Daniel~ said...

Mba Ria, terima kasih untuk resepnya. Saya sudah buat dan memang rasanya mewah sekali. Apa saya boleh copas resep ini dan saya masukkan ke blog saya? Terima kasih sebelumnya. ^^

sasi prasetiyo said...

Mbak Ria ini baik banget ya...mau bagi2 resep, kl aq mau pesan jg terlalu jauh di Malang Jatim,makasih ya salam kenal...

ria-chocoloveid said...

@ Dwinta :

Kalo kamu rasa terlalu asem, bsk kl mau buat lagi air jeruk nipisnya boleh dikurangi.
3 sdm itu bukan patokan.

250 gr WC itu sebelum dikocok ya.
Kalau nanti terlalu full, sisanya taro aja di mangkuk kecil.


Ada kata2 dari BARA the COOK (di twitter) yg paling aku suka & jadi motivasi.
Bara bilang seperti ini :

"Memasak jauh lebih menyenangkan & menarik kalau semua bahan di kira2..jadi gak ada beban :)"

So...kalo 1-2 kali coba kamu kurang sreg dengan suatu resep...yuuk selanjutnya kamu mainkan resep tersebut dengan seleramu sendiri :) OK?
Itu akan membuatmu lebih fun di dapur. Try it !!


@ Cindy :

Ya, musti pake sesuatu yg bisa membuatnya menjadi lbh kokoh.
Bisa pake gelatin...
Bisa juga pake AE Netral (sejenis bubuk warna putih, mirip susu bubuk). Ini produk dari Alaska Express...makanya namanya disingkat AE.
Bisa dibeli di toko ANI.
Pemakaiannya 10% dr jumlah/berat whip cream. (info ini aku dpt dr my best friend Yanti, please visit her blog http://keikhouse.blogspot.com/ )
Thank u so much Yanti.


@Jess :
silahkan Jess kalo mau copas :)


@Sasi :
thanks juga Sasi... met nyoba ya.

nia srijadhie said...

mba ria, udah dicobain nih resepnya. enak bgt....
mo minta ijin buat copas n share link resep ini diblog aku mba? boleh kah? makasih ya mba...

cloverista said...

mb, top banget de !
cheese cakenya enak bgt~
makasi yah mb uda di share resepnya XD
sukses

Novi Saluntara said...

Mba Ria, aku ijin nyontek resepnya ya... pengen nyoba buat... tp ga tau kapan niy, ehheheh....

Anonymous said...

ijin copas yah mbak Ria....
makasih.

Novi Saluntara said...

Mba Ria....
AKhirnya aku kesampean juga niy bikin strawberry cheesecake ^_^
Enak, asem2 jeruk sama strawberry plus rasa keju yang gurih...
Makasih banyak udah sharing resepnya ^_^
aku ijin copas buat di taro di blog aku boleh ga mba resepnya?
Makasih sebelumnya ^^

Indah Budi W said...

Mba' ria terimakasih ya udah mau berbagi ilmu dengan kita2..:) aku udah cobain resep cheescake nya mba'.. Tapi yg aku coba knp bawahnya gak mau jd satu ma chees nya ya mba? Terimakasih sblmnya..

Hildaapr said...

Mba Ria yg cantik,

Terima kasih untuk resepnya ya mba aku dah coba n rasana muantabb bgt. Hubby n keluarga dirumah pd suka, bahkan hubby dah pesen nti buat ultahnya minta dibuatkan Strowberry cheese cake lagi.

heny said...

Mba ria, mau tny kl merk cream cheese-nya yg mba pake apa? Thanks ya

Ellen said...

mba ria, ak baru aja slesai buat cheesecake-nya.. yummyyy bgt mba.. org rumah sampe pada tergila-gila makannya... thank u ya mba utk resep nya.. :)

Muthia said...

tante Ria,, (boleh ya aku panggil tante :)) blm lama, aku coba resep ini dan RVC nya untuk di bawa ke acara sunatan saudara ku.. daaaan hasilnya pas dicobaaa enyaaak bangeet, cuma ada yg lucu pas mau bikin krimcis u/ RVC nya. semua serba kurang,jadinya aku bikin filling sendiri pake margarin, selai stroberi, gula dan 1 sdm creamcheese dan hasilnya kemanisaan.. hehehe tp keseluruhan, enak koo.. dan om ku langsung minta dibuatin untuk ultahnya.. hehehe sekalian izin simpen resepnya ya tante :) thank's before

Dapur Avilla said...

Hallo tante Ria, aku fans berat chizcake dan fan berat blogmu, hehehe... kemaren nyobain bikin, tapi kok chizcake gak mau set ya alias gak kokoh, jadi kayak ice cream yg lumer, padahal udah aku masukin kulkas semaleman loh :-( rencana mau ngasih org surprise ultah gagal deh, hiks...

semua step udah aku ikutin, aku pake cream cheese merk yummy yg neufschatel dan whip cream merk anchor... aku sih curiga gelatinnya yg kurang, 1 sdm itu munjung ato peres ya tante?

maap ya tante Ria nanyanya kebanyakan, maklum deh newbie bgt :-) makasih sebelumnya

Bunda Adit said...

Mbak ria, pmisi aq mau nanya ni soal gelatin. setahuku gelatin itu mcm2 y mbak, klo utk resep ini gelatinny bisa dpake yg terbuat dr ikan ato sapi g?terima kasih.

Anonymous said...

hallo kak ria...salam kenal..aku pengen banget nyobain strawberry cheese cake nya..secara hubby suka banget ama yang serba cheese...pengen nanya kak ria disini cheese cake nya pake merk apa ya?
trus kl whipped cream nya selain merk richs apa yang bisa direkomendasikan ya kak? aku skg di makassar n ga bisa nemuin merek ini...thank ya kak atas bantuannya..

lintangkecilshop said...

Mb mo nanya kalo pakE Wpc bubuk merk haan bisa ga? Kalo bisa kan rasanya mAnis tuh,Apa rasa cheese cream nya ga kalah?
Skalian mo ijin nyoba resepnya ya mb...tq :)

reka said...

mbak ria, ijin nyoba resepnya ya...tq