Monday, March 17, 2008

KUE DELAPAN JAM

Sudah lama penasaran dengan yang namanya Kue Delapan Jam. Udah kebayang bikinnya lamaaaaaaaa banget, jadi musti siapin waktu untuk bikin kue ini. Liat resep ini dan cek bahan2 semua ada.... sip deh !!, Kali ini ga coba compare dengan resep lain yg sejenis (biasanya malah ga jadi bikin karna kelamaan baca2 :D), langsung bikin aja memenuhi hasrat menaklukkan si Kue Delapan Jam ini.... Start ngukus mulai dari jam 12 siang tet !! ya ampuuuuuunn di itung2 ternyata baru selesai nanti jam 8 malem yah. Ya sud laaah... lets do it babe... :)



KUE DELAPAN JAM
sumber resep : Kompas Minggu, 9 Maret 2008.

Bahan :
15 butir telur (aslinya pake telur bebek yaaa)
300 gr gula pasir
1 klg susu kental manis
75 gr margarin, dilelehkan
1 bks agar-agar putih

Cara membuatnya :
Kocok telur dan gula dengan whisk hingga gula larut.
Masukkan susu kental manis sedikit demi sedikit sambil diaduk.
Tambahkan agar-agar bubuk dan margarin cair sambil diaduk.
Tuang adonan ke dalam loyang (20x20) yang sudah dialasi dengan plastik dan dioles dengan margarin.
Kukus selama 8 jam dengan api kecil.
Rasanya enyaaaaaaak deh :) legit tapi ga terlalu kemanisan juga. Cocok nih buat dessert kalo abis makan tekwan dan mpek-mpek.

Tips dari aku (belajar dari kesalahan) :
Kukusan/dandang dilapisi dengan serbet, sediakan 2 serbet yang digunakan bergantian bila salah satu sudah terlalu basah. Kalau sampai ketetesan, warnanya jd putih (keliatan di foto).

Sebelum loyang dimasukkan ke dalam kukusan, didihkan dulu airnya lalu kecilkan api. Ingat, apinya HARUS KECIL saja. Karna kalau api lebih besar dari itu, permukaan kue akan melembung tidak rata dan tidak jadi cantik, juga pori-pori kue tidak bisa halus (spt yg aku buat, kurang mulus :))

Kalau air dalam kukusan berkurang, tambahkan dengan air panas sedikit demi sedikit.
*) dpt saran dr Alin : setelah matang coba dibakar sebentar di oven biar lapisan luarnya agak
kering dan wangi kuenya lebih keluar. Alin, thanks a lot yaa... nti kucoba kalo pas bikin lagi.

6 comments:

ita.kinipulu said...

8 jam? OMG!

ria said...

hahaha... kan bisa disambi bu bikinnya... asal jgn disambi bobok aja :D :D
Jangan takut gas nya abis juga... wong pake apinya keciiil aja.
Ayoo bikin... anakmu pasti seneng deh :)

Sitha Pinet said...

Hehe, seru ya Delapan Jam. Tapi kalau bisa disambi, oke aja kali ya. Hmm... Pernah bikin sarikaya ndak? Sharing juga dunk... :)

ria said...

aiiih... ada Sitha mampir *seneng mode on*
iyah bu... disambi buat scrapbooking ngkali yaa... hehehe, dasar emak2 ga punya gawe :D :D
Sarikaya... ??? tunggu tanggal mainnya yah :)

dhebie said...

mbak cantikkk...
ini gak pake terigu ya??ato aq yg salah baca :D

ria-chocoloveid said...

@ Dhebie :

iya say... emang ga pake terigu kok.
cobain yaa..