Tuesday, August 19, 2008

Es MERAH PUTIH atau Es Merah Delima

Es Merah Delima ini konon asalnya dari Thailand.
Saat disantap rasanya krenyes-krenyes karena ada potongan bengkuang.
Penampilannya yang menarik, dengan warna merah biji buah Delima ataupun seperti batu ruby membuat es ini sangat menggiurkan untuk dinikmati saat hari yang panas...
Karena paduan warna merah dari biji delima imitasi dengan putihnya santan,
es ini aku buat untuk anniversary INDONESIA yang ke 63.
Dirgahayu Indonesia !!!



Resep ES MERAH DELIMA
Bahan :
400 gr bengkuang atau water chestnut
500 cc air untuk merendam
pewarna merah secukupnya
200 gr tepung sagu

1,5 ltr air untuk merebus
1,5 ltr air dingin

Pandan syrup:
500 gr gula pasir
500 cc air
1 lbr daun pandan

250 cc santan
garam
1 lbr daun pandan

Cara membuatnya :
Potong-potong bengkuang seukuran dadu tapi kecil2.
Lalu rendam 1 jam dengan air dan beri pewarna merah secukupnya.
Tiriskan bengkuang.
Masukkan tepung sagu kedalam kantung plastik yang cukup besar, lalu masukkan potongan bengkuang sedikit-sedikit sambil dikocok agar tepungnya merata ke seluruh permukaannya.
Lakukan sampai potongan bengkuang habis.
Rebus air hingga mendidih, lalu masukkan 1 genggam potongan bengkuang yang sudah tersalut tepung. Biarkan sampai mengapung lalu angkat/saring dengan sendok sayur yang bolong2 dan langsung masukkan ke dalam air dingin.
Lakukan dengan cara yang sama sampai potongan bengkuang habis.
Kalau sudah selesai, tiriskan biji delima imitasi tersebut.

Pandan syrup:
Masak air dan daun pandan hingga mendidih lalu masukkan gula. Aduk rata hingga gula larut.
Angkat dan dinginkan. Syrup pandan siap dipakai.

Kuah santan :
Masak santan dan daun pandan sambil diaduk2. Tambahkan sedikit garam.
Bila sudah mendidih angkat dan dinginkan.

Penyajian :
Tuang biji delima ke dalam gelas secukupnya, lalu beri syrup pandan, es batu dan sedikit santan.
Es Delima siap dinikmati.

Note :
Bila tidak suka santan, bisa diganti dengan susu kental manis.

8 comments:

Nic-Nic said...

halo mbak Ria...

es merah delimanya...mak nyees tenan...
walah..segerrrr....pingin nyoba..juga..thanks ya...

ria-chocoloveid said...

halo juga Nic-nic,
met nyobain yah :)

Lande said...

Halo mba..berhub mo puasa niy, bole nyubain yak....?

ria-chocoloveid said...

halo Lande..
justru belom puasa, ayo bikin deh :)
met nyoba ya...

ummurifqi said...

mba.. seger banget buat buka puasa...
nyoba ah....

ria-chocoloveid said...

iya... ummi, nti dicoba ya...
kalo anak2ku malah senengnya pake susu, ga mau pake santen :)

yuli_blue said...

mbk copy ya, hehe^_^

ria-chocoloveid said...

Jangan di copy aja Yul, dicoba bikin juga yaaa... :)