Friday, May 22, 2009

JANGAN SALAH MENGERTI ...

Dear sahabat icip2...

Aku terima beberapa email yang senada, yang sudah aku baca tapi mohon maaf belom sempat aku balas satu per satu.
Email2 tersebut mempertanyakan tulisan/peringatan warna merah di side bar sebelah kanan paling atas.

Begini lho...
Warning itu memang akhirnya aku buat setelah aku mendapat masukan dari teman2 yang care pada blog ini. Terutama setelah banyak kasus bermunculan yang telah menimpa teman2 seprofesi.
Contohnya seperti apa yang telah dialami oleh mbak Vivi Wardhana, coba baca kejadiannya disini.
Prihatin dengan kejadian ini & sebagai antisipasi untuk tidak mengalami hal yang sama (Insya Allah ga terjadi dengan diriku)... maka aku buat peringatan itu.

Jadi... peringatan itu memang aku buat KHUSUS untuk orang2 YANG TIDAK BERTANGGUNG JAWAB... YANG TIDAK PUNYA ETIKA... memanfaatkan/menggunakan hasil jerih payah orang lain yang BUKAN HAKnya. Seperti memakai resep & foto2 untuk dijadikan buku ataupun digunakan sebagai display barang dagangannya tanpa (boro2) ijin pemiliknya.
Sebetulnya kejadian serupa ini pernah juga aku alami juga. Foto kue Delapan Jam yang pernah aku buat dipakai orang lain dalam bentuk banner display iklan jualannya yang aku jumpai di salah satu stand di event Festival Jajanan Bangau 2008 di Jakarta.

Aku ga habis pikir.... gimana orang tersebut bisa dengan seenak udelnya menggunakan foto yang bukan haknya tanpa seijin pemiliknya. Karna... untuk sebuah foto yang jelek sekalipun itu sudah melalui proses jerih payah yang cukup panjang.
Bayangkan coba... proses itu dimulai dari :
1. preparasi menyiapkan sebuah kue/masakan yang memerlukan waktu, tenaga, skill & biaya (belanja bahan yang kadang ga cuma ada di satu tempat...kadang musti hunting sampe ke lokasi yang jauh, pemilihan bahan2 yang tepat, membuat/mengolahnya dengan penuh kesabaran & ketelitian, memikirkan designnya, menghitung biaya yang perlu dikeluarkan).

2. dan setelah kue/masakan itu jadi, proses dilanjutkan dengan preparasi pengambilan foto yang memerlukan tenaga, waktu, ketrampilan & biaya.
Dalam proses ini perlu disiapkan camera & property penunjang tampilan foto seperti piring saji, gelas, sendok dll. Dilanjutkan dengan memilih lokasi tempat foto dengan memikirkan efek cahaya yang didapat. Sudut/angle pemotretan agar diperoleh foto yang terbaik. Mungkin buat teman2 yang awam soal ini ... sekali jepret pasti langsung jadi fotonya. Oh no.... kalau kalian liat foto yang terpampang di blog ini, 1 foto itu yang terpilih dari puluhan foto yang aku buat. Karna tidak jarang kadang ada aja hasil foto yg blur atau ga bagus karna kurangnya cahaya.

3. Editing atau pemilihan foto2 yang paling baik dari hasil jepretan. Dalam proses ini diperlukan waktu dan tenaga untuk memilih mana foto yang paling baik untuk ditampilkan dari sekian puluh foto hasil jepretan sebelumnya. Capek mata ... belum lagi musti giliran nunggu gantian pake kompi sama anak2 :(
Dalam proses ini, foto biasanya juga aku kasih nama. Jadi jangan heran kalo foto2 yang terbaru akan dikasih label Copyright © Chocoloveid 2009 ... hehehe.

4. Proses upload foto di blog yang perlu waktu, tanaga dan biaya. Paling sebel kalo koneksinya lemoooot banget... jadi waktu upload lebih lama :(

Kurang lebih ya begitu proses keberadaan sebuah foto hasil karyaku di blog ini. Walau masih amatiran tentu ada "harga" dari sebuah usaha itu.
Semoga dengan penjelasan tersebut, teman2 atau siapapun bisa lebih mengerti arti "jerih payah" sebuah foto di blog ini.


Tetapi...
sejak awal aku memang mengijinkan teman2 atau siapapun untuk ikut mencoba resep2 yang pernah aku buat.. baik itu untuk konsumsi pribadi ataupun akhirnya ikut menjual produk yang kalian pernah buat/coba dari blog ini.
Juga.... aku mengijinkan teman2 untuk meniru atau menggunakan ide design kue yang pernah aku buat di blog ini.
Kalau teman2 memberi tau aku via email sebelumnya aku sangat berterima kasih. Tapi kalau memang ga sempat atau lupa pun... aku ga masalah :)

Jadi mohon dimengerti maksud & tujuan aku menampilkan Warning tsb di blog ini ya...

Terima kasih sudah membaca potingan ini...
Terima kasih juga untuk pengertiannya...
Semoga kita selalu dalam lindunganNYA untuk selalu berniat berbuat baik kepada orang lain dengan amalan2 yang mampu kita lakukan selagi kita masih punya kesempatan itu. Amin.

Happy cooking..
Happy baking...
Happy cake decorating...


Love u all...

Warm regards,
ria




No comments: