Monday, July 21, 2008

Sop Buntut

Kemaren tuh ke pasar dapet buntut sapi di tukang daging langganan.
Lumayan gede, hampir 1,5 kilo dan cuma 65ribu ajah..... murah yah :)
Sop buntut paling enak kalo udah nginep sehari.
Kalo mo bikin yang seperti ini, sayurannya sebaiknya dimasukkan kalo sudah mau disajikan saja (jangan ikut nginep yah).
Karna lemaknya cukup banyak, ada yang pake cara rebus trus buang airnya sampe berkali2.
Kalo aku, pilih buang lemaknya saja ketika dia muncul dipermukaan saat kuahnya sudah dingin.
Soalnya sayang aja kalo musti buang air kaldunya juga karna sari kaldunya ikut terbuang padahal justru yang bikin sedap, sari kaldunya itu. Lemaknya aja yang dibuang :)
Sop buntut terasa sedap kalo rasa lada dan pala nya cukup stong.
Yuuuk... icip2..



Resep SOP BUNTUT

Bahan :
1 ekor buntut sapi, potong2
3 ltr air
1 ruas jahe, memarkan 5 btr cengkeh
1 siung bawang putih, potong kasar lalu geprak
8 siung bawang merah, iris
1 sdm lada halus
1/2 btr pala, parut (parut pake parutan keju)
2 btg daun bawang, potong kasar
1 bh kentang, potong2
2 bh wortel, potong2
garam secukupnya

Cara membuatnya :
Rebus air hingga mendidih, masukkan jahe dan potongan buntut sapi. Rebus 1/2 jam lalu matikan api dan biarkan dingin selama beberapa jam hingga timbul lemak putih dipermukaan.
Buang semua lemak yang timbul lalu rebus lagi.
Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum lalu masukkan ke dalam panci. Tambahkan lada, garam dan pala.
Rebus sampai daging empuk lalu masukkan potongan kentang, wortel dan daun bawang. Masak lagi sebentar lalu angkat dan sajikan.

2 comments:

Esti said...

Met kenal mbak, kalo aku masak buntut pake presscooker dan kalo sudah matang dimasukkan ke slow cooker. Wah rasa bumbu dan kaldunya makin medok (legit).

ria-chocoloveid said...

met kenal juga Esti...
wah betul itu, kalo pake slow cooker pasti lebih nendang rasanya :)