Monday, July 21, 2008

Choco Vanilla Pudding

Kalo liat label puding di blog ini keliatan kalo aku suka bikin puding busa.
Betul, dulu malah suka jualan puding ini dan laris manis :)
Puding busa bisa divariasikan macem2 rasa dan bisa saling dikombinasikan antara rasa yang satu dengan yang lain... seru aja.
Dan ga pernah ada yang nolak tuh kalo disodorin puding ini... hehehe
jelas aja, wong enak dan sehat pula !
ayuuk deh di icip2 pudingnya :)




Resep CHOCO VANILLA PUDDING

BAHAN :
untuk lapisan coklat :
1 bungkus agar2 bubuk warna putih
100 gram gula pasir
400 cc susu plain (Ultra)
2 sdm coklat bubuk, larutkan dg 2 sdm air panas
2 butir telur, pisahkan kuning dan putihnya.
pasta coklat secukupnya

untuk lapisan vanilla
1 bungkus agar2 bubuk warna putih
100 gram gula pasir
400 cc susu plain (Ultra)
2 butir telur, pisahkan kuning dan putihnya.
1 sdt vanili bubuk

untuk lapisan buah :
Buah kaleng secukupnya
1/2 bks jelly bubuk plain
300 cc air
100 gr gula pasir

Cara membuatnya :
Siapkan loyang diameter 24, basahi dg air matang, sisihkan.

Buat lapisan coklat, campur semua bahan ke dalam panci kecuali telur.
Dalam mangkuk kecil, kocok lepas kuning telur,
sisihkan.
Masukkan putih telur dalam bowl yang cukup besar.
Masak larutan agar sampai mendidih, sambil diaduk2.
Setelah mendidih, kecilkan api. ambil 1 sendok larutan agar dan masukkan cepat ke dalam mangkuk berisi kuning telur, aduk rata dg cepat lalu masukkan kembali ke dalam panci, aduk dg rata lalu angkat.
Kocok putih telur sampai kaku lalu turunkan speed mixer 1 level, tuang larutan agar sedikit2 sambil terus dikocok. Lakukan sampai larutan habis.
Tuang larutan ke dalam loyang agar, sisihkan.

Lakukan hal yang sama untuk puding vanillanya. lalu tuang diatas lapisan sebelumnya.

Susun buah diatas lapisan vanilla, lalu masak jelly, gula dan air hingga mendidih dan tuang pelan-pelan diatas buah. Biarkan dingin lalu masukkan kulkas.

VLA untuk puding
Bahan :
1200 cc susu plain (Ultra)
200 gram gula pasir
50 gram maizena
1 sdt vanili bubuk
Cara membuatnya :
campur semua bahan jadi satu, lalu masak sampai
mendidih sambil diaduk. angkat. biarkan dingin, sambil diaduk2 biar tidak timbul kepala susu nya.

Penyajian :
Balikkan puding dari loyang ke piring besar, lalu potong puding sesuai selera dan sajikan dengan vla.
Nikmat bila disajikan dingin.

7 comments:

Desita Eka said...

Mbak Ria, apa kabar? Moga msh inget yaa sama aku yg dulu nanya2 bit. Aku dah coba puding yg ini tapi hasilnya blm sebgaus punya mbak Ria, dan nggak pake yg jelly buahnya..udah nggak sempet keburu ngurus anak2 ^-^. Enak banget mbak, anakku yg besar sampe nambah-nambah terus..TFS yaa...

ria-chocoloveid said...

Alhamdulillah.... baik & sehat :)
masih inget dooong.

wah, ikutan seneng dpt kabar anakmu nambah terus puddingnya... berarti bundanya udah pinter niy...
soal bagus atau belum itu soal latihan aja... nti makin sering buat insya allah makin bagus hasilnya.

selamat ya :)

Monika Tanu said...

Mbak Ria... aku udah coba puding ini nih... lumayan lah yang coklat ama putih nempel, cuma buah ama jellynya merosot ga keruan, berantakan dah hahahaha.... thanks ya Mbak Ria! Lagi hunting resep puding laennya neh :)

ria-chocoloveid said...

halo Mon...
kalo bisa nempel artinya saat menuang larutan agar yg ke 2 diatas lapisan yg pertama, waktunya memang pas.

mustinya juga begitu saat nuang jelly diatas lapisan yg sebelumnya.
merosot karna lapisan agar yg sebelumnya udah keburu dingin dan mengeras.

Sedikit tips yaa.. dlm membuat puding yg terdiri dr beberapa lapisan.
Biar lapisan agar2/puding tidak pisah/lepas dg yg sebelumnya...
lapisan agar2/puding yg pertama permukaannya harus sudah mulai berkulit tapi bagian dibawah permukaannya masih labil/goyang2 kl disentuh.
trus... tuang lapisan berikutnya saat masih panas (minimal hangat) dg pelan2 diatas yg pertama.
insyaallah dg teknik spt itu lapisannya tdk akan terlepas satu dg yg lainnya.

met nyoba lagi yaa...

Indah P said...

Halo Mbak Ria,

aku izin nyoba resepnya ya...kelihatannya yummy betul !

Pada saat membalikkan puding dari loyang ke piring besar, apa gak rusak lapisan atasnya, mbak? bagi-bagi tipsnya ya.

thanks

ria-chocoloveid said...

Oh gini aja deh Ndah...biar lbh gampang diaplikasikan tanpa resiko buahnya berantakan :)

bikin puding yg coklat putih dulu. kalo udah dingin keluarin dari loyang ke piring atau wadah lain.

Nah untuk topping buahnya itu, coba pake plastik mika yg biasanya dijual gulungan (dg tinggi sekitar 7 cm). Di TBK ada kok, beli aja seperlunya, biasanya mereka jual meteran.

Lingkarkan plastik mika tsb, celotape ke 2 ujungnya.
Baru tata buahnya & siram dengan jelly nya.
kalau sudah dingin & set baru dibuka utk dinikmati.
Tapi kalo mau untuk deberikan utk orang lain sebaiknya plastik mika beningnya ga usah dilepas ya... agar saat delivery nya aman.


met nyoba yaa...

hanna said...

ehm..aku tertarik sama resep2nya..kalau buat puding ni..waktu nuang adonan agar2 vanila ke lapisan coklatnya harus nunggu sampai lapisan coklatnya keras dulu ga? begitu juga waktu mau tuang lapisan buahnya harus nunggu lapisan dibawahnya mengeras dulu ga? tks..