Tuesday, October 21, 2008

Manisan Kolang Kaling

Ini postingan yang telat :)

Waktu ramadhan, di pasar pasti banyak yang jual kolang-kaling yang besar2 dan kualitasnya bagus. Heran deh... kok kalo ga ramadhan, ga ada yang jual kolang kaling sebagus ini.
Mosok mo bikin manisan kolang kaling nunggu puasa dulu yak :(

Ada beberapa versi cara membuat manisan ini, yang pernah aku coba.
Sama gampangnya dan sama enaknya.
Yuuk .... bikin ya.


Manisan Kolang Kaling

Veri #1.
Bahan :
1 kg kolang kaling (pilih yg bentuknya bagus dan tidak keras)
250 gram gula pasir
500 cc fanta merah atau hijau atau rasa apa aja yang kalian suka.
1 lbr daun pandan
10 lbr daun jeruk
air cucian beras dan air mendidih secukupnya

Cara membuatnya :
Cuci kolang kaling dengan air cucian beras hingga bersih.
Lalu bilas dengan air bersih dan tiriskan.
Siram dengan air mendidih dan biarkan beberapa saat lalu tiriskan.
Rebus fanta, gula, dun jeruk dan daun pandan hingga mendidih.
Masukkan kolang kaling, rebus hingga mendidih dan biarkan beberapa saat.
Matikan api lalu dinginkan manisan dan simpan di kulkas.
Nikmat disajikan dingin.

Note : dengan cara ini akan diperoleh manisan kolang kaling yang berwarna muda (merah muda, hijau muda)

Versi #2 :
Bahan :
1 kg kolang kaling
300 gram gula pasir
500 cc air
pewarna makanan secukupnya
1 lbr daun pandan
10 lbr daun jeruk

Cara membuatnya :
sama seperti diatas.
Warna manisan yang diperoleh dengan cara ini cenderung lebih tua.


4 comments:

ummurifqi said...

wuih...mba ria...
borongan ya....
sampai ketinggalan jauh :)

padahal setiap hari di intip2....

ria-chocoloveid said...

hehehe.... iya Ummi..
ini postingan yang ke pending terus sejak puasa kemarin.

maaf ya Ummi kalo udah bolak balik kesini tapi ga ada yg baru :)

lulu said...

mm...mau..

ria-chocoloveid said...

@ Lulu :
bentar lagi puasa lagiiii...
pasti banyak yg jual kolang kaling yg bagus2...
ayoo bikin ya.