Tuesday, August 12, 2008

Membuat YOGURT sendiri

Kalau udah bisa bikin Yogurt sendiri pasti seneng deh :)
Yuuk... bikin ya, bahan dan cara bikinnya gampang kok....


Homemade Yogurt
Bahan :
1 ltr susu UHT plain
1 sachet susu bubuk Dancow instant
100 ml Yogurt Plain (contohnya merk Biokul)

Alat penunjang yang dibutuhkan :
Termos plastik
Kantong plastik bening

Cara Membuat :
Masak susu sampai hangat (sambil diaduk) lalu tambahkan susu bubuk dan yoghurt plain, aduk
rata.
Tuang campuran susu tersebut ke dalam kantong plastik lalu ikat.
Kemudian masukkan plastik berisi susu tersebut ke dalam termos lalu tuang air hangat secukupnya (sampai kantong plastik berisi campuran susu terendam)
Tutup rapat dan simpan selama 6 -8 jam.
Susu akan mengental dan aroma serta rasanya akan terasa asam.
Bila sudah jadi, ambil 100 ml yogurt untuk biang pembuatan yogurt berikutnya. Simpan dalam kantong plastik yang masih baru/steril sampai waktu akan digunakan.

Penyajian :
Campurkan yoghurt dengan gula/fruktosa/simple sirup atau sirup secukupnya.
Nikmat juga bila dicampur dengan jus buah dan ditambah dengan potongan buah.

Note: Foto cara membuatnya bisa dilihat disini yaa....


10 comments:

stevytowoliu said...

Makasih banget resepnya mba pengen coba. tadinya saya gak suka yang namanya yogurt tapi waktu liburan ke Bandung saya sempat coba-coba mampir di salah satu kedai yogurt,wow... ternyata yogurt stawberry specialnya nendang banget. ampe sekarang saya masih ingat terus rasanya :) semoga nanti keluagar di rumah jadi suka yogurt juga. Thanks ya mba

ria-chocoloveid said...

iya sama2.
met nyoba ya :)

Alim said...

mbak Ria,Yogurt yg disisihkan untuk biang pembuatan berikutnya bisa tahan berapa lama? Di simpen di freezer kaan?

kudubuluk said...

Salam Mbak Ria,

Barusan aku buat sendiri yoghurt, hasilnya kaya' tofu tapi lembut trus ga ada rasa masamnya trus hambar. Beda banget ama biokul Plain yang jadi bibitnya. Aku pakai susu cair Danone.

apa yang salah ya...? ko bisa rasanya beda jauh.

Oh ya, aku buatnya beda dengan mbak ria, tepatnya waktu permentasi tanpa pemanasan dan selama 17 jam.

Mungkin lain kali kubuat dengan cara Mbak Ria.

~fariz~
Bekasi

Anonymous said...

mbak aku udah coba nih bikin yogurtnya..

jadi sih..bagus hasilnya,kentel..
tapi kok kurang asem ya??
rasanya mirip2 ada sagu2 nya gitu mbak..

pas proses permentasinya aku pake air panas di tupperware..yogurtnya ak masukin ke plastik..
tapi tiap airnya udah ampir g anget lagi(duh ribbbueet)aku ganti airnya sama yang panas lagi...

tlg sarannya ya mbak kira2 apa yg salah..

buat skrg sih mgkn yogurtny yg kepalang jadi itu aku blend aja ntar pake buah2an atau perasa yang dijual diapotik apotik..

ria-chocoloveid said...

@Alim :

jangan di freezer dong. nanti bakterinya mati. di chiller aja.
daya tahannya tergantung kondisi kulkasnya. biasanya kurang lbh 1 minggu.

@Fariz :
coba lain kali pke susu Ultra plain yg kotaknya warna biru ya.
Trus ikuti step by step yg sdh aku buat. Insya Allah bisa jadi spt yg diharapkan.
Coba lagi yaa..

@ Anonim :
kesalahannya mungkin karna kamu pake air PANAS. seharusnya air HANGAT saja.

Yogurt itu diperoleh dr proses fermentasi susu. Disini yang bekerja adalah bakteri.
Kalau kondisi lingkungannya tidak sesuai dg yg dibutuhkan dlm proses fermentasi (suhu yg diperlukan hangat) maka hasilnya juga tdk akan sempurna.

Nanti dicoba lagi yaa...

Good luck

Anonymous said...

Mbak, aku sudah coba, tp yogurt plainnya yg sweet (ga ada di sini yg lain) merek ville apaaa gtu, biokul tak ada jg..
Udah semangat2, td pas dibuka ga jd apa2, masi berbentuk susu..
Apa yg salah ya mbak???

Contoh Askep said...

Wah kelihatannya gampang y buat yougurt,

ichie_be said...

mba, klo aku mau bikin yogurt yang ada rasanya kaya strawbery or mangga pake apa ya? thanks ya infonya ^^

yenny said...

mbak aku udah nyoba tadi malam, tapi aku lupa beli biokul nya cuma 50 ml. td pagi aku lihat masih encer dan gak begitu asem, apa karena kurang ya gak sesuai ukurannya biang yogurtnya,,,,